Oleh: irfanto | 18 Februari 2009

penyuntikan hormon pada pemijahan ikan

penyuntikan hormon pada pemijahan ikan
oleh:irfanto
Penyuntikan hormon dilakukan untuk merangsang terjadinya peningkatan proses fisiologis reproduksi akibat adanya peningkatan jumlah hormon dalam tubuh.Secara prinsip, penambahan hormon dapat dilakukan baik melalui penyuntikan maupun melalui oral. Metode penyuntikan lebih umum digunakan, baik penyuntikan melalui bagian punggung (intra-muscular) ataupun melalui bagian perut (intra-peritoneal).
Meskipun keberhasilan pemijahan ditentukan oleh keberhasilan proses pematangan akhir gonad yang sejalan dengan penambahan hormonal, namun teknik penyuntikan sendiri bukanlah merupakan suatu penentu keberhasilan tersebut. Pada dasarnya, semakin dekat posisi penyuntikan hormon dengan organ target (gonad) peluang keberhasilan semakin besar sehingga penyuntikan secara intra-peritoneal akan lebih baik dibandingkan dengan secara intra-muscular. Namun, mengingat banyaknya organ dalam yang mungkin terganggu saat penyuntikan dilakukan, penyuntikan secara intra-muscular lebih banyak digunakan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan ada saat melakukan penyuntikan, diantaranya: gunakan jarum suntik yang tajam (bila memungkinkan gunakan single use syringe), lakukan penyuntikan pada daerah yang memiliki daging tebal untuk menghindari penyuntikan terkena tulang, posisikan skala pada jarum suntik menghadap mata untk menghindari kesalahan pembacaan jumlah hormon yang dimasukkan, masukkan hormon dengan menekan spuit secara perlahan hindari adanya stress berlebihan pada ikan dan cabut jarum suntik secara perlahan guna menghindari adanya pembalikan hormon keluar tubuh.
Dua-tiga kali melihat proses penyuntikan, semestinya sudah cukup untuk bekal keberanian melakukan penyuntikan ikan sendiri. Keahlian dalam penyuntikan ikan dapat diperoleh setelah melakukan beberapa kali penyuntikan.
1.Penyuntikan secara intra-muscular
2.Penyuntikan secara intra-peritoneal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: